Xavier Dolan Pensiun Dari Membuat Movie: ‘Seni Tidak Berguna’

Xavier Dolan pensiun dari pembuatan movie.

Sutradara movie yang mendapat pujian kritis seperti Mommy, I Killed My Mom, dan Laurence In any case, berbicara pada tahun 2022 tentang bagaimana dia mempertimbangkan untuk berhenti membuat movie. “Saya benar-benar tidak ingin melakukan pekerjaan ini lagi,” katanya kepada Journal de Montreal (melalui World of Reel). “Saya lelah. Kita berada di tahun 2022, dan dunia telah berubah secara drastis. Saya, di dunia itu, saya tidak lagi merasa perlu untuk bercerita dan berhubungan dengan diri saya sendiri.

“Saya ingin meluangkan waktu untuk bersama teman dan keluarga saya. Saya ingin membuat iklan dan membangun rumah sendiri di pedesaan suatu hari ketika saya memiliki cukup uang yang ditabung. Saya tidak mengatakan itu dengan cara yang menyedihkan sama sekali. Saya hanya ingin menjalani sesuatu yang lain, pengalaman lain.”

Mengapa Xavier Dolan pensiun?

Dolan baru-baru ini memberi tahu outlet Spanyol El Pais bahwa dia sudah selesai membuat movie. “Saya tidak merasa ingin melakukan dua tahun untuk sebuah proyek yang hampir tidak dilihat orang. Saya terlalu bersemangat untuk mengalami kekecewaan ini. Itu membuat saya bertanya-tanya apakah pembuatan movie saya buruk, dan saya tahu itu tidak buruk.

“Saya tidak mengerti apa gunanya bercerita ketika segala sesuatu di sekitar kita berantakan. Seni tidak berguna dan mendedikasikan diri untuk bioskop, membuang-buang waktu…”

Ini muncul setelah reaksi beragam terhadap filmnya tahun 2016, It is Solely the Finish of the World, ulasan negatif untuk debutnya dalam bahasa Inggris Kematian dan Kehidupan John F. Donovan, dan ketidakjelasan relatif dari movie terbarunya Matthias & Maxime.


Posted

in

by